Beberapa hari yang lalu saya mendapat tugas untuk mengantarkan taruna untuk melaksanakan OJT (on the Job training) ke kota Padang, tepatnya di bandara Minang Kabau. Berangkat dengan naik pesawat SMAC dengan pilotnya adalah teman saya sendiri (Cpt. Wahyudi).

Penerbangan ini menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Berangkat dari Bandara Polonia jam 0900 WIB, selanjutnya mendarat di Binaka, terbang ke Pulau Telo (Pulau Batu), akhirnya mendarat di Bandara Minang kabau sekitar Pukul 12.30 WIB. Kami mengalami pendaratan sebanyak tiga kali.

Selama Penerbangan cuaca cukup cerah, sehingga penerbangan ini terasa nyaman. Saya melihat aktivitas cockpit yang sangat sibuk, ini merupakan pengalaman yang sangat berharga, kalau selama ini saya hanya mengetahui betapa sibuknya menjadi ATC. Sekarang ini saya melihat sisi yang berbeda. Ternyata Pilot itu bekerja dengan sibuk, serius dan yang pasti penuh dengan resiko.

Sesampainya di kota Padang (Minang kabau Airport), saya dan Teman sekantor (pak Dadang) diantar dan menginap di Mess SMAC. Sorenya bersama-sama dengan pak Dadang mencari tiket untuk melanjutkan perjalanan ke Palembang sekaligus jalan-jalan di Kota ini. Sebenarnya, kota ini bukannya baru bagi saya. Pada tahun 2000 yang lalu, saya juga pernah melakukan OJT di kota ini, tepatnya untuk Senior Air Traffic Controller. Karena waktunya sudah 8 tahun, akhirnya perjalanan ini dipenuhi dengan banyaknya pertanyaan, he he he.

Esoknya saya melanjutkan tugas ke Bandara Minang Kabau untuk menyerahkan secara simbolis taruna OJT kepada para ATC di sana. Saya bertemu dengan pak Satya Anggara selaku Kadiv Operasi dan pak Alzog selaku Kadin ATC dan para ATC (mohon maaf, namanya tak dapat disebutkan satu persatu).

Sebelum pulang saya menyempatkan diri untuk ke TOWER (menara pengawas) dan APPROACH CONTROL serta mengantarkan taruna OJT Ke Mess.

Akhirnya saya dapat kembali ke Medan dengan selamat dengan menggunakan BATAVIA Airlines.

Terima kasih kepada rekan-rekan PT SMAC yang telah memberikan fasilitas sehingga perjalanan ini dapat berjalan dengan lancar. Terima KAsih juga kepada seluruh ATC Minang Kabau yang telah memberikan pelayanan dan fasilitas mess buat taruna OJT, Semoga Allah membalas segala kebaikan Anda.

Kepada Taruna yang melaksanakan OJT semoga sukses selalu,

Amiin ya Rabbal Alamiin.

diTower Minang Kabau Aerodrome.

Komentar
  1. Landy mengatakan:

    Semoga segalanya berjalan lancar ya🙂

  2. hmcahyo mengatakan:

    mas Julan Pilot ya🙂

  3. Okta Sihotang mengatakan:

    udah pulang lom ??😉

  4. julfan mengatakan:

    @LAndy
    Amiin, doakan ya

    @hmcahyo
    saya bukan pilot, saya ATC (Air Traffic Controller)

    @Okta Sihotang

    UDah pulang, salam kenal

  5. titov mengatakan:

    wah, itu pemandangan di tower control roomnya yah…😕

  6. adikhresna mengatakan:

    Padang…, kota impianku. Betapa tidak, hingga kini aku masih memimpikan untuk bisa sampai di sana. Di sana, ada keluarga juga sih

Tinggalkan Balasan

